fbpx

Daster rumah

08978-654-654

logo Dasterumah.com

Dasterumah

Kerja, santai, dirumah, dasteran aja

9 Prosesi Adat Melayu Pernikahan, Penuh dengan Makna!

9 Prosesi Adat Melayu Pernikahan, Penuh dengan Makna!

Moms, pernikahan adalah momen yang sangat spesial dalam kehidupan setiap pasangan. Selain menjadi hari yang penuh kebahagiaan, pernikahan juga sering kali dipenuhi dengan berbagai prosesi adat yang memiliki makna mendalam. Salah satu adat yang kaya akan nilai dan tradisi adalah Adat Melayu Pernikahan.

Prosesi pernikahan dalam Adat Melayu tidak hanya sekadar serangkaian acara, tetapi juga sarat dengan simbolisme dan makna yang mendalam. Setiap tahap memiliki tujuan dan harapan tersendiri, mulai dari memohon restu hingga merayakan persatuan dua keluarga. Bagi Moms yang ingin mengetahui lebih jauh atau bahkan mempertimbangkan untuk mengadopsi Adat Melayu dalam pernikahan, memahami setiap prosesi adalah langkah yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas sembilan prosesi Adat Melayu Pernikahan yang penuh dengan makna. Dengan memahami setiap langkahnya, Moms bisa lebih menghargai dan meresapi setiap momen dalam perjalanan menuju hari bahagia.

1. Merisik

Merisik adalah langkah awal dalam prosesi Adat Melayu Pernikahan, di mana pihak keluarga calon mempelai pria mengirimkan utusan untuk ‘merisik’ atau mencari tahu tentang calon mempelai wanita. Prosesi ini bertujuan untuk mengetahui status dan latar belakang keluarga calon mempelai wanita, serta memastikan bahwa dia belum terikat dengan orang lain.

Tradisi ini mencerminkan rasa hormat dan kehati-hatian dalam memulai hubungan. Merisik juga menjadi ajang untuk mengenal lebih dekat keluarga calon mempelai wanita dan memastikan kesesuaian nilai-nilai serta adat istiadat di antara kedua belah pihak. Selain itu, prosesi ini menunjukkan keseriusan niat dari pihak pria dalam menjalin hubungan yang lebih formal.

2. Meminang

Setelah merisik, langkah berikutnya adalah meminang atau melamar. Pihak keluarga pria datang ke rumah calon mempelai wanita dengan membawa hantaran sebagai tanda keseriusan. Dalam prosesi ini, keluarga pria secara resmi menyampaikan niat untuk menjadikan sang wanita sebagai bagian dari keluarga mereka.

Meminang merupakan simbol formalitas dan penghormatan terhadap keluarga calon mempelai wanita. Selain itu, momen ini juga menjadi kesempatan untuk membicarakan berbagai hal penting seperti mas kawin, tanggal pernikahan, dan persiapan lainnya. Tradisi meminang menggambarkan betapa pentingnya persetujuan dan restu dari keluarga kedua belah pihak.

3. Bertunang

Bertunang atau pertunangan adalah prosesi di mana kedua keluarga bertemu untuk menandatangani perjanjian resmi tentang pernikahan yang akan datang. Biasanya, acara ini diisi dengan penukaran cincin sebagai simbol ikatan antara kedua calon mempelai.

Acara bertunang bukan hanya sekadar simbolisasi hubungan yang lebih serius, tetapi juga ajang untuk mempererat hubungan antara kedua keluarga. Di dalam adat Melayu, bertunang menandakan komitmen yang lebih mendalam, di mana kedua belah pihak setuju untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Selain itu, prosesi ini juga memberikan waktu bagi kedua belah pihak untuk mempersiapkan pernikahan dengan matang.

4. Akad Nikah

Akad nikah adalah puncak dari prosesi Adat Melayu Pernikahan. Prosesi ini dilakukan di hadapan penghulu dan saksi-saksi, di mana mempelai pria mengucapkan ijab kabul sebagai tanda sahnya pernikahan. Acara ini biasanya diadakan di masjid atau rumah mempelai wanita.

Akad nikah merupakan momen sakral di mana dua insan disatukan dalam ikatan yang suci. Selain doa dan restu, akad nikah juga disertai dengan penyerahan mahar dan pemberian mas kawin sebagai simbol tanggung jawab dan komitmen mempelai pria terhadap mempelai wanita. Prosesi ini menegaskan bahwa pernikahan adalah sebuah ikatan yang harus dijaga dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

5. Bersanding

Setelah akad nikah, acara dilanjutkan dengan bersanding. Prosesi ini adalah momen di mana kedua mempelai duduk di pelaminan sebagai raja dan ratu sehari. Bersanding biasanya disertai dengan upacara adat seperti tepung tawar dan tabur bunga.

Bersanding adalah simbol perayaan dan kebahagiaan. Di sini, kedua mempelai menerima doa dan restu dari keluarga serta tamu undangan. Selain itu, momen bersanding juga menjadi kesempatan bagi keluarga besar dan kerabat untuk memperkenalkan kedua mempelai sebagai pasangan yang resmi. Prosesi ini menunjukkan kebahagiaan dan harapan baik untuk kehidupan rumah tangga yang baru.

6. Adat Berinai

Adat berinai adalah prosesi di mana tangan dan kaki mempelai wanita dihias dengan inai (henna) menjelang hari pernikahan. Inai melambangkan kecantikan dan keberuntungan. Acara ini biasanya diadakan satu atau dua hari sebelum akad nikah.

Berinai bukan hanya tentang menghias diri, tetapi juga memiliki makna spiritual. Penggunaan inai diyakini dapat membawa berkah dan melindungi mempelai wanita dari hal-hal buruk. Selain itu, prosesi ini juga menjadi ajang berkumpulnya para perempuan dari keluarga dan sahabat untuk memberikan doa serta nasihat kepada calon mempelai wanita.

7. Berandam

Berandam adalah prosesi membersihkan diri bagi mempelai wanita. Prosesi ini melibatkan ritual mandi dengan air bunga dan memotong sedikit rambut sebagai simbol pembersihan diri dari segala dosa dan persiapan menuju kehidupan baru sebagai istri.

Berandam melambangkan kesiapan mempelai wanita untuk memulai babak baru dalam hidupnya. Prosesi ini memberikan makna bahwa pernikahan adalah momen suci yang harus dihadapi dengan hati yang bersih dan niat yang tulus. Tradisi ini juga menjadi refleksi dari betapa pentingnya menjaga kesucian diri dalam memasuki jenjang pernikahan.

8. Malam Berinai Besar

Malam berinai besar adalah malam sebelum akad nikah di mana diadakan pesta kecil untuk keluarga dan teman-teman dekat. Pada malam ini, inai diterapkan kembali pada tangan dan kaki mempelai wanita sambil diiringi doa dan nyanyian tradisional.

Malam berinai besar adalah momen kebersamaan yang penuh kehangatan. Di sini, calon mempelai wanita mendapatkan dukungan moral dari orang-orang terdekatnya. Acara ini juga menjadi ajang untuk merayakan malam terakhir sebelum mempelai wanita resmi menjadi istri. Prosesi ini menekankan pentingnya dukungan keluarga dan sahabat dalam setiap langkah kehidupan.

9. Majlis Resepsi

Majlis resepsi adalah acara puncak perayaan pernikahan di mana kedua mempelai diperkenalkan kepada tamu undangan sebagai pasangan suami istri yang sah. Acara ini diisi dengan jamuan makan, hiburan, dan berbagai adat istiadat sesuai tradisi keluarga.

Majlis resepsi adalah momen kebahagiaan yang dirayakan bersama keluarga besar dan teman-teman. Di sini, kedua mempelai menerima ucapan selamat dan doa dari tamu undangan. Resepsi juga menjadi ajang untuk menunjukkan rasa syukur atas pernikahan yang telah terlaksana. Prosesi ini menggambarkan kebahagiaan dan harapan untuk kehidupan rumah tangga yang penuh berkah.

Moms, setiap prosesi dalam Adat Melayu Pernikahan tidak hanya sekadar tradisi, tetapi juga sarat dengan makna dan nilai-nilai kehidupan yang mendalam. Dengan memahami dan mengikuti prosesi ini, kita bisa lebih menghargai perjalanan menuju pernikahan dan menjaga tradisi yang sudah ada turun temurun. Setiap langkah dalam prosesi ini mengajarkan kita tentang pentingnya restu keluarga, komitmen, dan tanggung jawab dalam membangun rumah tangga.

Selain mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan, Moms juga perlu memperhatikan kenyamanan dalam berbusana. Salah satu pilihan yang bisa Moms pertimbangkan adalah daster kekinian remaja yang kami tawarkan. Daster ini tidak hanya nyaman untuk kegiatan di rumah, tetapi juga cocok digunakan untuk bersantai di luar rumah.

Model daster remaja kekinian kami hadir dengan berbagai corak motif yang menarik dan pilihan warna yang cerah hingga gelap. Dengan menggunakan daster ini, Moms bisa tetap tampil gaya dan nyaman dalam berbagai aktivitas. Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan daster kekinian remaja kami sekarang juga dan rasakan kenyamanannya!

Koleksi Daster Remaja Kekinian by Dasterumah bukan hanya sekadar pakaian, melainkan sebuah pendukung istri dalam memenuhi tugas dan kewajiban rumah tangga. Sehingga, dalam setiap langkah kehidupan pernikahan dan keluarga, Daster Remaja Kekinian by Dasterumah siap membersamai moms memberikan kenyamanan dan tentunya awet digunakan bertahun-tahun

Moms juga dapat mengikuti program reseller dasterumah untuk mengisi kegiatan dirumah dan menambah penghasilan. informasi lebih lanjut dapat hubungi admin dasterumah. simak juga artikel dasterumah lainnya yang cocok untuk bunda dirumah. Moms layak merasakan kenyamanan dan gaya di setiap momen di rumah!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Have no product in the cart!
0